LIBUR LEBARAN 2024: PELABUHAN SANUR SAMBUT 123.486 PENUMPANG

LOKADEWATA, DENPASAR – Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali, melayani 123.486 penumpang selama libur Lebaran 2024. Jumlah tersebut terhitung dari Selasa (26/3) hingga Selasa (16/4) pukul 10.00 Wita.

Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan Dian Minarto menjelaskan pada periode tersebut rata-rata total penumpang per harinya sebanyak 5.613 orang. Sementara saat puncak libur Lebaran pada Kamis (11/4) total penumpang yang terlayani sebanyak 7.689 orang.

“Selama periode ini penumpang banyak didominasi oleh penumpang domestik dengan tujuan ke Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Gili Trawangan,” kata Dian saat dihubungi, Selasa.

Menurutnya, dibandingkan dengan jumlah di libur Lebaran 2023, jumlah penumpang di libur Lebaran 2024 mengalami peningkatan sebesar 25,86 persen. Di mana, jumlah penumpang pada periode Lebaran 2023 sampai dengan H+5 Lebaran sebanyak 98.117 orang.

“Dibandingkan dengan hari biasa terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 22,18 persen, di mana rata-rata jumlah penumpang per hari sebelum libur Lebaran sebanyak 4.594 orang,” ungkapnya.

Dia menjelaskan selama periode libur Lebaran 2024 total ada 53 kapal yang beroperasi. Kemudian terdapat sepuluh kapal cadangan, namun selama periode tersebut belum ada kapal cadangan yang digunakan.

Di sisi lain, Dian menuturkan selama ini selalu dilakukan evaluasi secara rutin, baik dari segi pelayanan penumpang, keselamatan maupun jadwal keberangkatan kapal. Dari catatan selama libur Lebaran 2024, pelayanan parkir di sekitar Pelabuhan Sanur berjalan dengan baik.

Kemudian, pembelian tiket penumpang di Pelabuhan Sanur dilakukan secara online dan telah terintegrasi dengan layanan operator kapal. Selain itu, kapal yang beroperasi di Pelabuhan Sanur berangkat tepat waktu sesuai jadwal dan tidak ada hambatan dalam pelayanan keberangkatan kapal.

“Pelayanan pemberangkatan penumpang di Pelabuhan Sanur diatur sedemikian rupa sesuai dengan jadwal keberangkatan kapal untuk menghindari penumpukan penumpang di dalam terminal pelabuhan,” jelas Dian.

Untuk saat ini, sambung Dian, jumlah penumpang di Pelabuhan Sanur masih ramai dan masih terdampak libur Lebaran. (DC/AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *