oleh

WAYAN KOSTER AJAK SMK DI INDONESIA LAHIRKAN LULUSAN BERKUALITAS DAN PELAKU IKM/UMKM

Wayan Koster Diapresiasi Peserta Indonesian Vocational Link and Match 2023

LOKADEWATA, DENPASAR – Wayan Koster, Gubernur Bali periode 2018 – 2023 disambut apresiasi oleh peserta Indonesian Vocational Link and Match 2023 yang hadir sebagai narasumber nasional pada acara “Diskusi Vokasi Nasional”, Sabtu (Saniscara Pon, Ugu) 18 November 2023 di Denpasar.

Indonesian Vocational Link and Match 2023 dihadiri oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementrian Pariwisata, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali hingga para Guru SMK Negeri dan Swasta di Indonesia.

WAYAN KOSTER AJAK SMK DI INDONESIA LAHIRKAN LULUSAN BERKUALITAS DAN PELAKU IKM/UMKM

Wayan Koster dalam Diskusi Vokasi Nasional mengungkapkan pendidikan yang mengacu kepada penguasaan keahlian, saat ini harus mengikuti perkembangan atau dinamika yang dipengaruhi oleh dunia digital dan perubahan di dunia industri yang begitu sangat cepat. Sehingga Sekolah – Sekolah harus membuat rancangan kurikulum yang sesuai kebutuhan, seperti contohnya Bali. Karena Bali merupakan destinasi wisata utama dunia, maka yang harus dipersiapkan oleh Sekolah ialah lulusan pendidikan SMK yang berkaitan dengan kebutuhan pariwisata seperti Hotel/Restaurant dan lulusan yang bergerak di sektor IKM/UMKM.

Selain mendesain kurikulum pendidikan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, penyelenggara pendidikan juga harus melakukan pelatihan kepada calon lulusannya yang sinkron dengan kebutuhan industri saat ini.

Diakhir diskusi, Wayan Koster mengajak SMK di Indonesia untuk melahirkan lulusan yang tidak saja menjadi tenaga kerja berkualitas, namun berharap lahirnya lulusan SMK yang berperan aktif menjadi pelaku usaha IKM dan UMKM, hingga mampu membuka lapangan kerja. (AP)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *