PANTAI KELINGKING TERBAKAR, PULUHAN WISATAWAN TERJEBAK

LOKADEWATA, KLUNGKUNG – Semak belukar di Pantai Kelingking, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali, terbakar pada Minggu (30/7/2023) sekitar pukul 16.30 Wita. Api dengan cepat menyebar membakar kawasan semak belukar lantaran angin berembus kencang.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta menerangkan api awalnya dilihat oleh warga dari bawah tebing terus menyebar ke atas. Api meluas dan membakar kurang lebih dua hektare lahan. Termasuk akses jalan dari atas tebing ke arah pantai.

“Akibatnya wisatawan yang ada di pantai terjebak dan tidak bisa naik ke atas tebing karena jalan tangga setapak satu-satunya yang harus mereka lalui dari jalur darat ikut terbakar,” kata Putra Sumerta, Minggu malam (30/7).

Satu unit pemadam kebakaran yang dikerahkan satu jam kemudian juga kesulitan memadamkan api. Penyemprotan dilakukan dari atas hingga ke titik api.

“Semua bergerak, polisi, TNI, dan masyarakat ikut memadamkan api, karena ada wisatawan masih di bawah,” jelasnya.

Sebanyak 25 wisatawan terjebak di bawah tebing Pantai Kelingking. Mereka baru bisa ditolong naik ke atas saat kondisi sudah gelap dengan menerjunkan petugas kepolisian.

“Pukul 19.30 Wita api bisa dipadamkan dan wisatawan yang sudah menunggu di bawah dibantu tim kami untuk naik ke atas, semua bisa terselamatkan,” jelasnya.

Dari 25 wisatawan, satu warga negara asing (WNA) asal Perancis bernamaZacharie mengalami luka ringan. Ia terluka pada bagian kepala akibat tertimpa batu saat kebakaran terjadi.

Sementara, Kepala Satpol PP dan Damkar Klungkung Dewa Suwarbawa mengatakan pemadaman dilakukan dengan mengerahkan satu unit mobil pemadam dan dibantu dari air tandon PDAM Klungkung.

“Satu-satunya mobil pemadam di Nusa Penida berupaya melakukan pemadaman, untungnya ada air tandon milik Perumda Air Minum Klungkung terisi penuh, itu juga digunakan memadamkan api,” jelasnya.

Belum diketahui penyebab kebakaran semak belukar tersebut. Namun, Suwarbawa menyebut kemungkinan akibat wisatawan yang membuang puntung rokok dalam kondisi masih menyala. (PR/DTK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *