PICA FEST RESMI DIBUKA, POTENSIAL MASUK KEN

LOKADEWATA, DENPASAR – Paradise Island’s Clothing Association (PICA) Festival 2023 resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Kamis (27/7). Pria yang akrab disapa Cok Ace tersebut menilai Pica Fest berpotensial untuk masuk dalam program Karisma Event Nusantara (KEN) milik Kemenparekraf.

Menurutnya, Pica Fest konsisten digelar selama delapan kali. “Harapan kami ada hal-hal (event) yang bisa go nasional dan bila perlu go internasional. (Apalagi) Event ini sudah dicatat oleh orang luar dan teman-teman di luar Bali,”ucapnya di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Kamis.

Cok Ace juga memandang dari event ini berpotensi untuk anak-anak muda Bali, khususnya yang bergerak dalam bidang merek pakaian lokal Bali. “Potensi anak-anak muda Bali luar biasa. Bakatnya luar biasa dan (di sini) ada peluang bagi mereka untuk menunjukkan bakatnya,” paparnya.

Cok Ace menuturkan event ini pun menjadi ajang pertemuan para produsen pasar dan pembeli. Sehingga diharapkan selama pelaksanaan dari 27-30 Juli 2023 dapat terjadi perputaran uang yang lebih tinggi dibandingkan event sebelumnya.

Berkaca dari event sebelumnya, Cok Ace berharap perputaran uang di event tahun ini dapat melebihi Rp 15 miliar mengingat lokasi yang digunakan saat ini lebih luas. Ia juga berharap para pemilik merek pakaian lokal Bali dapat kian naik kelas.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Bali sendiri telah mengupayakan agar pemilik merek pakaian lokal Bali dapat memperoleh HAKI. “Sayang kalau akhirnya (karya anak muda Bali) dijiplak orang lain. Padahal, Bali ini kreatif sekali. Jadi, kami lindungi dan Pemerintah provinsi Bali tampil (untuk mendorong perolehan HAKI),” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pica Fest 2023 I Gede Andhika Paramartha mengaku sejak awal Pica Fest hadir untuk merangkul paraUMKM, khususnya merek pakaian lokal Bali. “Pica Fest ini hanya wadah untuk UMKM bertumbuh dan berkembang. (Target kami) Lebih kepada perputaran ekonomi dan bagaimana kami bisa memutar ekonomi usaha-usaha kecil ini,” tambahnya.

Ia menerangkan dalam Pica Fest 2023, penyelenggara bakal menghadirkan 100 tenant yang berisikan 55 brand lokal Bali serta 104 tenant FnB. Kemudian, bakal ada beberapa artis yang mengisi Pica Fest 2023. Di antaranya Vierratale, Jkt48, Hindia, Rocket Rockers, hingga Feel Koplo. (DC/AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *