oleh

GUBERNUR KOSTER BERSAMA WAGUB COK ACE SAMBUT KEDATANGAN WISATAWAN TIONGKOK RAYAKAN IMLEK DI BALI

LOKA DEWATA, BADUNG – Kedatangan wisatawan tiongkok ke Bali disambut lansung oleh Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Wakil Gubernur, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dengan charter flight perdana dari Shenzhen China ke Denpasar melalui Bandara International I Gusti Ngurah Rai, Minggu (22/1/2023).

Mengangkut 210 orang penumpang menggunakan pesawat Lion Air nomor penerbangan JT2648. Penyambutan dilakukan di depan depan Gate 1 terminal Kedatangan International tari penyambutan dan pengalungan bunga.

Turut hadir Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat China (RRC) di Denpasar Bali, Zhu Xinglong, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, Ni Made Ayu Marthini, GM Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, Kadis Kominfos Bali, Gede Pramana dan Kadis Perhubungan Bali, IGW Samsi Gunarta.

Gubernur Wayan Koster menyampaikan kedatangan wisatawan dari Tiongkok merupakan satu capaian luar biasa. Dimana sebelumnya pada tanggal 16 November 2022 saat melepas Presiden China pada kegiatan G20 sempat disampaikan agar berkenan membuka dan memberikan ijin kunjungan wisatawan china ke Bali.

“Ternyata hari yang ditunggu-tunggu itu datangnya sekarang,” ujar Gubernur Wayan Koster lanjut menyampaikan tahun 2019 lalu China menduduki peringkat ke 2 setelah kunjungan wisatawan Australia. Diharapkan dengan momentum ini dapat menjadi awal untuk pemenuhan target 4,5 juta kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali.

Gubernur Wayan Koster juga berharap dengan hadirnya wisatawan Tiongkok ke Bali di awal tahun 2023 ini menjadi angin segar kebangkitan pariwisata Bali yang telah siap menerima kunjungan wisatawan secara penuh. “Saya yakin pariwisata Bali akan bangkit. Mudah-mudahan kunjungan pariwisata ini terus berlanjut, bertambah sampai bulan Desember 2023,” harapnya.

Pada kesempatan sama General Manager Angkasa Pura, Handy Heryudhitiawan menyampaikan penerbangan pesawat dari China memang ditunggu kedatangannya ke Bali, semoga kedepannya China menjadi penumpang terbanyak kembali yang datang ke Pulau Dewata Bali.

Deputi Pemasaran Kemenparekraf RI, Made Ayu Marthini mengucapkan terima kasih atas penyambutan penumpang charter flight pertama dari China ini, target tahun 2023 penumpang dari China akan masuk 280.000 penumpang namun kemungkinan akan tercapai melebihi dari target tersebut.

Konsulat Jenderal China memberikan ucapan terima kasih atas acara penyambutannya dan hal ini menunjukkan upaya penuh pemerintah dan harapan besar dari masyarakat Bali atas kedatangan wisatawan China ke Bali. Tanggal 20 Januari 2023 pemerintah Tiongkok menyampaikan pembukaan border dan penerbangan perdana hari ini ke Bali merupakan perjalanan percontohan bagi pemerintah China.

Pemerintah China akan memperdalam kerja sama dalam bidang pariwisata dan mendukung pemerintah Bali untuk menumbuhkan ekonomi Bali. Beliau mewakili pemerintah Tiongkok mengucapkan selamat tahun baru Imlek 2023 dimana wisatawan Tiongkok yang datang ke Bali juga serangkaian perayaan Imlek.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *