REBUTKAN PIALA GUBERNUR BALI, KEJURWIL 6 TAEKWONDO DI UNHI DENPASAR

LOKA DEWATA, Denpasar – Dalam rangka Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) 6 tercatat 575 atlet meramaikan Kejuaraan Taekwondo Wilayah 6 meliputi Papua, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Bali memperebutkan Piala Gubernur Bali 2022, yang berlangsung dari tanggal 3 – 5 Desember 2022 yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Bali yang diwakili oleh Kadisdikpora Bali bapak Boy Jaya Wibawa di Aula Universitas Hindu (UNHI) Denpasar Bali.
Dalam sambutannya Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Letjen TNI (Purn) H Thamrin Marzuki, yang menghadiri acara tersebut mengatakan kejuaraan ini terdiri dari 6 wilayah. Pelaksanaan wilayah 1 dipusatkan di Aceh, diikuti Provinsi Aceh, Riau, Kepri, Sumatera Utara (Sumut) dan Sumatera Barat (Sumbar) yang telah dilaksanakan pada 28 sampai 31 Oktober tahun 2022 lalu.
“Untuk perlombaan di wilayah 6 di Bali ini dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 5 Desember tahun 2022. Kita berharap kejuaraan olahraga nasional ini dapat melakukan pembinaan atlet di usia dini, dan akan dipertandingkan di kelas Pra Kadet, Kadet dan Prestasi,” ucapnya.
Karena target pemerintah pada tahun 2044 ditargetkan taekwondo masuk dalam 5 besar Olympic, maka mustahil kalo kita tidak persiapkan sedini mungkin, tambah Ketum PBTI. Ketum PBTI mengaku kejurnas wilayah ini dilaksanakan di enam wilayah. Untuk wilayah 3 di Provinsi Jawa  dilaksanakan di Banten, diikuti DKI, DIY, Banten, Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Barat (Jabar). Sementara wilayah 4 dilaksanakan di Kalimantan Selatan (Kalsel). Wilayah 5 dilaksanakan di Makasar, Sulawesi dan wilayah 6 dilaksanakan di Bali, diikuti, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Papua dan Bali.
“Puncak Kejurnas pada 15 sampai 18 Desember 2022. Mudah-mudahan kita dapatkan atlet-atlet muda potensial untuk membawa harum nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Serta bisa meraih 5 besar pada perhelatan Olympic pada tahun 2044,” pungkasnya.
Sementara itu, Ketum Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Bali Dr. Ir. AAP. Suryawan Wiranatha M.Sc., PhD. menambahkan pihaknya sudah jauh-jauh hari telah mempersiapkan para atlet-atlet, termasuk untuk wasitnya dalam Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) 6 yang bertajuk Kejuaraan Taekwondo Piala Gubernur Bali ini, yang diikuti oleh 575 atlet. Berkurangnya animo peserta ini dikarenakan pelaksanaan Kejurwil ini berbarengan dengan pelaksanaan ujian semester para siswa-siswi di sekolahnya. Dengan demikian maka banyak anak-anak yang tidak bisa berpartisipasi karena terbentur jadwal ujian sekolah mudah-mudahan pada kesempatan yang lain kita bisa kembali melaksanakan kejuaraan yang melibatkan atlet yang lebih banyak, ucapnya.
Ditempat yang sama Rektor UNHI Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS. dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketum PBTI di Bali, lebih lanjut belaiu mengatakan bahwa kegiatan Kejuaraan Taekwondo di Aula UNHI ini adalah acara yang kedua kali dilaksanakan di Universitas Hindu Indonesia.
Rektor UNHI juga perkenalkan Universitas Hindu Indonesia adalah perguruan tinggi swasta umum dengan bercirikan budaya Hindu jadi kami memiliki program studi yang ada di bawah Kementerian Pendidikan Kebudayaan juga Yang di isinya ada dari Kementerian Agama jadi disini perpaduan antara sains teknologi dan nilai-nilai keagamaan. Oleh karena itu selain membangun kecerdasan intelektual juga kami juga membangun kesehatan rohani dan jasmani. Kesehatan jasmani Oleh karena itu kami akan terus membangun kerjasama dengan Taekwondo Bali dan kami bersedia memfasilitasi setiap tahun kejuaraan dilaksanakan di Universitas Hindu Indonesia dan tidak hanya itu dari para juara yang memperoleh juara pada kesempatan yang dilaksanakan di UNHI kami berikan beasiswa bebas SPP untuk mengikuti semua program studi yang ada di Universitas Hindu Indonesia, Ucapnya.
Disamping itu Gubernur Bali yang diwakili oleh Kasdisdikpora dalam sambutanya yang sekaligus membuka secara resmi Kejurwil 6 Piala Gubernur Bali ini menyampaikan permohonan maaf karena bapak Gubernur belum bisa hadir dikarenakan ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan dan beliau mengucapkan selamat datang kepada atelet-atelet yang datang dari luar Bali dan selamat bertanding semoga mendapatkan yang terbaik.
Hadir dalam acara pembuakaan Kejurwil 6 Taekwondo Indonesia Piala Gubernur Bali diantaranya Gubernur Bali diwakili oleh Kadisdikpora Provinsi Bali, Ketua Umum PBTI, Pangdam IX/Udayana diwakili oleh Kasi Olahraga Jasdam, Kapolda Bali diwakili oleh Biro Binjas SDM Polda Bali, Danlanal Denpasar diwakili oleh Paspotmar, Ketua Umum Koni Bali, Ketum TI Bali, Ketua Pengkab, Pengkot TI se Bali. (FID/LOKA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *