oleh

LOMBA SENAM NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI, IMPLEMENTASI DAARI PROGRAM PAKIS (PASIKIAN PAIKETAN KRAMA ISTRI)

LOKADEWATA, Denpasar- Pasikian Paiketan Krama Istri (PAKIS) Majelis Desa Adat Provinsi Bali menggelar Lomba Senam “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” di GOR Lila Bhuana, Jalan Melati Denpasar, Jumat (25/11/2022).

Lomba senam melibatkan 66 tim yang merupakan perwakilan PAKIS dari 57 kecamatan dan 9 kabupaten/kota se-Bali. Masing-masing tim yang terdiri dari lima orang pesenam unjuk kebolehan dengan penampilan terbaik mereka. Setelah melalui penilaian ketat, terpilih sembilan tim yang melaju ke final yang penampilannya disaksikan langsung oleh Manggala Utama PAKIS MDA Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster.

Sembilan finalis itu adalah duta dari tiga kabupaten yaitu Badung, Jembrana, Karangasem dan enam kecamatan yaitu Susut, Tampaksiring, Dawan, Selemadeg Timur, Sukasada dan Denpasar Utara. Masing-masing tim menunjukkan kemampuan terbaik dan kekompakan hingga akhirnya Kabupaten Jembrana berhasil menyabet Juara I dengan skor 253,9.

Sedangkan tim Kabupaten Karangasem meraih Juara II dengan skor 245, disusul Kecamatan Sukasada di peringkat III dengan skor 235,5 Tiga tim yang menempati peringkat I, II dan III masing-masing memperoleh hadiah berupa uang tunai berturut-turut sebesar Rp. 30 juta, 25 Juta dan 20 Juta. Selain itu, ketiga tim juga memperoleh piagam penghargaan. Menyapa peserta yang memenuhi GOR Lila Bhuana, Manggala Utama PAKIS Bali Ny. Putri Koster menyampaikan terima kasih kepada jajaran pengurus PAKIS Kabupaten dan Kecamatan yang telah menyukseskan kegiatan lomba senam ini.

Ia mengatakan, lomba senam yang digelar untuk pertama kalinya ini merupakan salah satu implementasi program PAKIS, dalam kaitan dengan upaya menyehatkan krama Bali.

“Selain dengan makanan, olah raga juga sangat dibutuhkan untuk merawat dan memelihara kesehatan. Kebetulan Pemprov Bali punya Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali sesuai dengan visi yang diusung saat ini, makanya kita adalah lomba,” terangnya.

Selain untuk menyehatkan krama, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk lebih membumikan Senam “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” agar lebih dikenal luas oleh masyarakat Bali. Tak hanya itu, kegiatan lomba juga sebagai wadah untuk mempertemukan pengurus PAKIS se-Bali sehingga diharapkan mampu meningkatkan rasa guyub dan kebersamaan. (FID/LOKA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *