oleh

GUBERNUR BALI TINJAU KONDISI BANDARA DAN KESENIAN MURAL DI AIRPORT NGURAH RAI SEMBARI MELAYANI PERMINTAAN WISATAWAN BERFOTO

LOKA DEWATA, BADUNG – Gubernur Bali, Wayan Koster meninjau Terminal Domestik Keberangkatan dan Kedatangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung pada Senin (Soma Wage, Julungwangi) 23 Mei 2022.

Kunjungan kerja Gubernur Bali didampingi langsung oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Putu Eka Cahyadi, General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai – Bali, Herry A.Y. Sikado, Kapolsek Kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, AKBP, Ida Ayu Wikarniti, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Darmadi, Manager Teknik dan Fasilitas Airnav serta Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Setiba di Terminal Keberangkatan Domestik, Gubernur Koster langsung meninjau counter pelaporan mandiri (self check-in), disela-sela keseriusannya untuk memastikan kondisi Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah ramai dikunjungi wisatawan dan berjalan dengan tertib serta aman, nampak para Wisatawan Domestik (Wisdom) yang akan pulang ke kotanya masing-masing usai menikmati liburan di Pulau Dewata secara tiba-tiba menyambangi Gubernur Wayan Koster untuk bisa berfoto bersama sambil menunggu antrean di counter check in maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Batik Air, hingga Super Air Jet.

Wisdom itu diantaranya bernama, Cika warga asal Bandung yang meminta foto bersama Gubernur Wayan Koster sambil menyampaikan bahwa dirinya sudah 4 hari berada di Bali. Kemudian ada juga Arif yang akan terbang ke Surabaya, Ahmad dari Jakarta, hingga Putu Romi dari Buleleng yang akan terbang ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia meminta Gubernur Bali jebolan ITB tersebut untuk ber-selfie bersama dan disambut dengan ramah oleh orang nomor satu di Pemprov Bali tersebut dengan menggunakan busana Adat Bali.

Wisdom yang lainnya, juga beramai-ramai minta berfoto dengan Gubernur Wayan Koster, seperti Pak Samin dari Jakarta menyatakan kepulangannya hari ini ke Jakarta, karena telah menikmati liburan di Bali selama 5 hari dengan memanfaatkan salah satu fasilitas hotel di kawasan Seminyak, Badung. “Sekarang Bali sudah bagus Pak Gubernur, penerbangannya sudah dibuka semua, seneng Saya liburan di Bali,” kata Pak Samin usai berfoto.

Kevin dari Palembang usai berfoto dengan Gubernur Wayan Koster juga menyatakan dirinya sudah 8 hari liburan di Bali dan nginep di Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua. “Saya mengenal Pak Wayan Koster di televisi waktu pandemi Covid-19 lalu,” ungkap Bapak Kevin seraya bertanya ke Staff Humas Pemprov Bali, Pak Gubernur partainya PDI Perjuangan ya? Lalu dijawab benar sekali.

Sedangkan Tio warga dari Seririt, Buleleng usai berfoto dengan Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini menyatakan dirinya baru dipanggil kerja oleh Lion Group pasca kunjungan wisatawan ke Bali meningkat. “Suksma Pak Gubernur, Saya sudah bisa kerja lagi dan kunjungan wisatawan mulai meningkat,” kata pemuda asal Seririt ini.

Usai melayani Wisdom berfoto, Mantan Anggota DPR RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya dengan mengececk satu persatu hasil karya seni mural yang dilukis di bagian dinding Terminal Keberangkatan dan Kedatangan Domestik dengan desain lukisan khas Bali, hingga mencantumkan kalimat Om Swastyastu dan disampingnya ada yang terdapat lukisan candi bentar, serta ada yang mencantumkan kalimat Titiang Tresna Sareng Ragane, Titiang Lungsur Mepamit Dumun, dan kalimat Matur Suksma yang dilengkapi dengan bahasa asing. Selain mengececk karya seni mural, Gubernur Koster pula menyempatkan waktu memantau kondisi gerai kuliner yang berada di areal terminal keberangkatan dan kedatangan domestik.

Menuju areal Kedatangan Domestik, I Ketut Sadia warga dari Kabupaten Bangli yang bekerja sebagai Petugas Poter Airpot Ngurah Rai (Orang yang bekerja mengangkut barang di Bandara, red) bersama pegawai Poter lainnya mengajak Gubernur Wayan Koster berfoto bersama seraya mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali tersebut karena dengan kebijakannya di Pemerintah Provinsi Bali, turis – turis sudah terus berdatangan ke Bali.

“Bersyukur sekarang sudah bisa kerja kembali, suksma Pak Gubernur,” ujar Ketut Sadia usai berfoto bersama Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali tersebut seraya menyampaikan bahwa dirinya sudah mendapatkan vaksin booster.

Mengakhiri peninjauannya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Gubernur Wayan Koster untuk kesekiankalinya menyempatkan diri melayani wisatawan domestik asal Jakarta yang baru tiba di Bali untuk berfoto bersama, sembari meninjau Gerai BPD Bali Madolan yang bekerjasama dengan Balimall.go.id dengan menjual anekaragam produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Produk Lokal Bali sesuai pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali. Dihadapan Gubernur Bali, Kadek Sari selaku kasir di Gerai BPD Bali Madolan mengaku kaget tiba-tiba dikunjungi orang nomor satu di Pemprov Bali tersebut.

“Saya kaget dikunjungi Pak Gubernur, dan Saya laporkan ke Bapak Gubernur bahwa semenjak Bandara Ngurah Rai normal kembali dikunjungi wisatawan, rata-rata wisatawan yang tiba dari jalur kedatangan itu menyempatkan waktu membeli produk UMKM di Gerai BPD Bali Madolan dengan rata-rata pendapatan perhari dari Rp 200 sampai 300 ribu, bahkan sempat kalau ramai itu pendapatannya perhari mencapai Rp 12 juta,” kata Kadek Sari.

Sementara General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai – Bali, Herry A.Y. Sikado melaporkan penumpang yang datang di Terminal Kedatangan Domestik dari tanggal 1 Mei 2022 sampai 21 Mei 2022 totalnya mencapai 259.159 orang. Kemudian untuk penumpang yang datang di Terminal Kedatangan Internasional dari tanggal 1 Mei 2022 sampai 21 Mei 2022 totalnya mencapai 83.207 orang.

Aktifnya kembali Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani penumpang untuk datang ke Pulau Bali baik dari Terminal Kedatangan Domestik dan Internasional, pasca Gubernur Bali, Wayan Koster berhasil meloby Pemerintah Pusat untuk memberlakukan kebijakan baru bagi Wisatawan Mancanegara pada tanggal 7 Maret yang lalu, tanpa karantina dan menerapkan kebijakan Visa on Arrival (VoA) dari semula 29 negara, bertambah menjadi 40 negara, dan sekarang bertambah menjadi 60 negara, sampai tercatat tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Provinsi Bali atau perkembangan pandemi Covid-19 di Bali semakin baik dan kondusif yang diiringi dengan pencapaian vaksinasi yang semakin tinggi di Provinsi Bali, dimana Vaksinasi Pertama telah mencapai 105 persen, Vaksinasi Kedua mencapai 95 persen dan Vaksinasi Ketiga (booster) sudah mencapai 70 persen atau tertinggi dan tercepat di Indonesia. (RK/LOKA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *