oleh

DINILAI MAMPU WUJUDKAN KESETARAAN GENDER, MENTERI PPPA RI BERIKAN PENGHARGAAN APE KATEGORI UTAMA KEPADA GUBERNUR BALI

LOK DEWATA, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Bali bersama delapan pemerintah kabupaten dan kota di Bali meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020. Pemprov Bali berhasil menyabet Penghargaan Kategori Utama untuk prestasinya dalam mewujudkan kesetaraan gender di Provinsi Bali.

“Apresiasi tinggi kami sampaikan melalui Penghargaan APE 2020 kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang telah peduli dan berkomitmen dalam pelaksanaan PUG di instansinya ataupun di daerahnya. Penghargaan ini kami berikan kepada 13 Kementerian/Lembaga, 29 Provinsi dan 266 Kabupaten/Kota, dan tentu kami berharap jumlah K/L dan Pemda yang mendapat penghargaan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang,” ungkap Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga dalam acara Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual, Rabu 13 Oktober 2021 .

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada K/L dan Pemerintah Daerah yang telah peduli dan berkomitmen, serta berhasil mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) di dalam program dan kegiatannya. Penghargaan APE 2020 yang sedianya dilaksanakan pada 2020, mengalami perubahan jadwal dan dilaksanakan pada 2021 akibat pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengungkapkan peningkatan untuk mewujudkan kesetaraan gender turut mempercepat pembangunan bangsa.

“Saya mengucapkan selamat kepada K/L dan Pemda yang telah mendapatkan Penghargaan APE tahun 2020, baik untuk kategori Mentor, Utama, Madya, maupun Pratama. Saya meminta kepada para pimpinan K/L dan Kepala Daerah agar betul-betul menerapkan PUG di dalam proses penyusunan dan pelaksanaan kebijakan masing masing. Mari bahu-membahu bergandengan tangan meningkatkan pembangunan yang responsif gender,” tegas Menko Muhadjir.

Selain Pemprov Bali, APE Kategori Utama juga diberikan kepada Kota Denpasar dan Kabupaten Gianyar. Adapun Kabupaten Badung, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Karangasem memperoleh APE Kategori Madya. Sedangkan Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Tabanan mendapat APE Kategori Pratama. (RK/LOKA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *