oleh

AKSELERASI VAKSINASI PENYANDANG DISABILITAS, NY. PUTRI KOSTER TURUN LANGSUNG KE TABANAN

LOKA DEWATA, TABANAN – Komitmen pemerintah menuntaskan vaksinasi Covid-19 secepat mungkin, membuat Ketua TP PKK Prov Bali Ny Putri Koster turut bergerak langsung. Tak terkecuali untuk penyandang disabilitas, pendamping orang nomor satu di Bali ini langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMAN 1 Selemadeg, Tabanan, Sabtu (4/9).

Dalam kesempatan ini, Ny Putri Koster menyampaikan bahwa penyandang disabilitas juga tidak terkecuali akan mendapatkan vaksin. “Kita mendapatkan vaksin dari staf Kepresidenan sekitar 22 ribu merk Sinopharm untuk penyandang disabilitas. Itu kita kejar sekarang,” ujarnya kepada Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya.

Beliau berharap, vaksinasi bisa diselesaikan akhir bulan ini. Hal itu dikarenakan vaksin Sinopharm ini juga akan memasuki masa berakhirnya di bulan Oktober. “Selain masa ‘expired’ kita juga sedang mengejar program vaksinasi Pemprov Bali yang ingin menuntaskan secepat mungkin,” ujarnya sambil mengatakan hal ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk memvaksin pendamping para difabel yang belum divaksin.

Wanita yang akrab disapa Bunda Putri ini juga menginstruksikan untuk menjemput bola, bila ada warga difabel yang tidak bisa datang ke sentral vaksinasi. “Kita ajak petugas yang ke sana, kita layani mereka, karena percepatan capaian vaksin adalah tujuan kita,” kata Ny Putri Koster.

Selanjutnya, hal yang langsung dilakukan adalah dengan mendatangi rumah Putu Pande Andika Pratama, seorang penyandang disabilitas berumur 19 tahun yang tinggal tak jauh dari tempat vaksinasi. Ny Putri Koster mengajak Ketua TP PKK Tabanan serta para nakes untuk memvaksinasi. “Ayo kita kerja keras menyukseskan vaksinasi ini. Kita harus lebih kreatif, jangan hanya menunggu,” jelasnya.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut, Ny Putri Koster memberikan sembako beserta bantuan uang tunai pada Putu Pande Andika Pratama. Orang tuanya, yang merupakan ibu rumah tangga menyampaikan terima kasih atas kepedulian pendamping orang nomor satu di Bali tersebut. Selain itu, bantuan berupa sembako diberikan pula kepada para penyandang disabilitas di tempat vaksinasi. Ny Putri Koster berharap, melalui bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat.

Sebelumnya dijelaskan bahwa program vaksinasi pada Sabtu pagi itu menargetkan 800 injeksi. Untuk vaksinator sendiri dibantu dari pihak Pemprov Bali. Sampai sejauh ini sudah ada seribuan difabel yang divaksin dari total sekitar 1.700 difabel di Kabupaten Tabanan. Tentu saja cepatnya vaksinasi untuk penyandang disabilitas di Tabanan berkat fasilitasi dari Ketua TP PKK Prov Bali yang benar-benar bergerak cepat setelah mendapatkan bantuan vaksin dari pusat.

Selain vaksinasi, penyandang disabilitas juga mendapatkan layanan pembuatan KTP bagi mereka yang belum punya NIK. “Ini program yang sangat bagus. Istilahnya sekali mendayung dua atau tiga pulau terlewati. Semoga dengan mendapatkan KTP, para penyandang disabilitas kita bisa mengurus hak-hak mereka sebagai warga negara,” ujarnya. (RK/LOKA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *