oleh

NY. PUTRI KOSTER: IBU HARUS JADI GARDA TERDEPAN PENUHI GIZI KELUARGA DI TENGAH PANDEMI

LOKA DEWATA, Gianyar – Pada masa pandemi Covid-19 ini, menjaga kesehatan dan imun tubuh sangatlah penting. Hal itu bisa dimulai dari keluarga, dan para ibu harus bisa memastikan gizi keluarganya. Demikian disampaikan oleh Ketua TP PKK Prov Bali Ny Putri Koster saat menyapa dan berbagi dengan masyarakat Gianyar, dalam acara Kunjungan Kerja TP PKK Provinsi Bali bertempat di Desa Sidan, Kabupaten Gianyar, Jumat (2/7).

Dalam kesempatan tersebut, pendamping orang nomor satu di Bali ini mengedukasi masyarakat, perihal kelompok rentan terhadap penyebaran Covid-19. “Saat ini para lansia, serta ibu-ibu hamil sangat rentan terinfeksi virus. Bahkan varian yang baru juga menyebutkan bahwa anak-anak juga rentan terpapar. Untuk itu, mari kita bersama-sama menjaga kesehatan mulai dari keluarga,” ujarnya sembari mengapresiasi acara pada pagi itu yang berlangsung dengan Prokes yang sangat ketat.

Mengenai penyebaran Covid-19 yang bisa dikatakan jika Indonesia sedang mengalami serangan gelombang kedua, sehingga Ny Putri Koster memastikan kepada masyarakat Gianyar jika penanganan di Bali sangat terkendali. Apalagi saat ini, menurutnya, Provinsi Bali menduduki peringkat tertinggi cakupan vaksinasi di Indonesia. “Hal ini berkat kerja keras Pemprov Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Koster dalam mendatangkan vaksin ke Bali,” bebernya.

Untuk itu beliau meyakinkan masyarakat untuk jangan ragu-ragu divaksin, karena ini adalah salah satu jalan keluar dari pandemi ini. “Pemerintah saat ini juga tengah menggenjot upaya pemulihan kesehatan dan perekonomian Bali. Ini memang bukanlah pilihan yang mudah. Tapi jika semua masyarakt sehat dulu, tentu lebih gampang memulihkan perekonomian,” tambahnya seraya mengajak masyarakat untuk bahu-membahu bekerja sama dengan semua komponen dalam upaya menghentikan penyebaran virus dengan cara mematuhi imbauan pemerintah.

Pada pagi itu, beliau juga mengapresiasi pencapaian Kabupaten Gianyar dalam menanggulangi permasalahan KEK (Kekurangan Energi Kronis) untuk ibu hamil dan kasus stunting pada anak-anak. Menurutnya, ini bukanlah pekerjaan yang cukup mudah jika tidak dilaksanakan dengan fokus, lurus, dan tulus. “Untuk itu, saya sangat mengapresiasi kesungguhan kerja TP PKK Gianyar dalam menanggulangi masalah tersebut. Ingat jika masyarakat sudah sehat, semakin kecil kemungkinan masyarakat terkena virus ini,” tandasnya.

Sementara itu, sebelumnya Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra melaporkan jika dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, Kabupaten Gianyar telah berhasil mengurangi stunting dari 43% di tahun 2018 menjadi 3,7% di tahun 2021. Ini menurutnya berkat kerja sama banyak pihak. Mengenai capaian vaksinasi, beliau mengatakan Gianyar salah satu kabupaten yang tercepat menyelesaikan vaksinasi Covid-19. “Kami mengerahkan semua OPD untuk menyelesaikan program tersebut,” jelasnya.

Selain itu, beliau juga membeberkan potensi yang dimiliki Desa Sidan. Menurutnya, saat ini Sidan sedang didorong menjadi desa organik, melalaui penanaman beras organik di sepanjang 35 hektare dari 65 hektare lahan yang ada. Hal ini diharapkan bisa menopang perekonomian Gianyar kelak selain sektor pariwisata. Selain itu, sektor kerajinan juga digenjot melalui kerajinan pandai besi, seperti pisau dan lainnya.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Ny Putri Koster juga berkesempatan menyerahkan bantuan berupa sembako kepada para lansia, balita dan ibu hamil, serta menyerahkan leaflet kesehatan dan pencegahan HIV/AIDS untuk Ketua TP PKK Kabupten Gianyar. (RK/LOKA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *