oleh

TURUN MENYAPA DAN BERBAGI, NY. PUTRI KOSTER AJAK PKK GELIATKAN UP2K DI BADUNG

LOKA DEWATA, Badung – Serangkaian kegiatan program PKK Menyapa dan Berbagi, Kabupaten Badung menjadi kabupaten kelima yang dikunjungi oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster dengan mengambil tempat di Wantilan Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Selasa (29/6). Kegiatan ini pun dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Dalam sambutannya, Ny. Putri Koster mengatakan bahwa Kabupaten Badung selama ini sangat bertumpu pada sektor pariwisata, namun kemudian sektor ini terpuruk akibat terdampak pandemi. Untuk itu, beliau mengajak masyarakat tidak selalu bertumpu pada sektor pariwisata dengan menggeliatkan sektor lainnya. Salah satunya program kerja PKK, yaitu Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dengan menggeliatkan sektor pertanian  dan IKM yang ada di Kabupaten Badung.

“Banyak potensi yang bisa kita kembangkan di Kabupaten Badung ini. Kita semua perlu bekerja sama dan kreatif dalam mengolah sumber sumber potensial tersebut. PKK melalui UP2K bisa mengembangkan potensi yang ada ini, buat program unggulan yang disesuaikan dengan potensi yang ada di masing-masing daerah, dan semua komponen bersinergi wujudkan kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Di sisi lain, pendamping Orang Nomor Satu di Bali ini juga memberi perhatian kepada kualitas kesehatan lansia, ibu hamil serta balita. Menurutnya, keberadaan lansia perlu mendapat perhatian semua pihak agar mereka tidak mengalami keterlantaran.

Sedangkan untuk balita dan ibu hamil, lanjut dia, pemenuhan kebutuhan gizi bagi keduanya sangatlah penting. Sebab, ibu hamil yang sehat akan melahirkan bayi yang sehat pula, selain untuk menghindari dari  kondisi stunting. Harapannya, mereka dapat menjadi generai harapan bangsa atau pemimpin masa depan yang tangguh dan sehat.

“Mari kita rawat dengan baik para penglisir kita (lansia), kita penuhi gizi dari ibu hamil dan juga anak-anak balita. Kita bangun generasi yang tangguh, kuat dan sehat dan bisa menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang,“ ajaknya.

Tak lupa Bunda Putri, demikian beliau akrab disapa, mengajak masyarakat untuk selalu patuh dan taat akan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Beliau berharap, masyarakat jangan sampai abai akan protokol kesehatan serta imbauan pemerintah sebagai  upaya bersama untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Tampak hadir pula dalam kegiatan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Bali Luh Putu Sukarini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, OPD terkait di lingkungan Pemprov Bali dan Pemkab Badung, Camat Abiansemal serta pengurus PKK Provinsi Bali dan Kabupaten Badung.

Pada kegiatan ini diserahkan bantuan bagi 10 orang balita gizi buruk/balita gizi kurang, 10 ibu hamil KEK, 10 lansia terlantar, 10 penyandang disabilitas dan 10 orang kader PKK kurang mampu. Bantuan yang diberikan bervariasi sesuai kebutuhan masing-masing antara lain, susu dan makanan tambahan untuk ibu hamil KEK dan balita gizi buruk dan gizi kurang. Selain itu, penerima bantuan juga memperoleh beras, handuk dan payung. Serta juga diserahkan majalah HATINYA PKK, Liflet HIV/AIDS dan masker yang diserahkan kepada TP PKK Kabupaten Badung.

Kegiatan pada siang hari ini juga diisi dengan Pertunjukkan Kesenian Rakyat Bondres Sanggar Seni Indra Jagadhita yang turut mensosialisasikan prokes pencegahan Covid 19 serta  kebijakan pemerintah seperti pengurangan sampah plastik, pengolahan sampah berbasis sumber serta penggunaan Bahasa Bali dan penggunaan kain tenun asli buatan para perajin  Bali. (RK/LOKA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *