oleh

TURUN MENYAPA DAN BERBAGI, NY. PUTRI KOSTER AJAK KEMBANGKAN POTENSI DAERAH DI KARANGASEM

LOKA DEWATA, Karangasem – Kabupaten Karangasem menjadi kabupaten keempat yang dikunjungi Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster serangkaian program PKK Menyapa dan Berbagi pada Senin (28/6). Kegiatan yang dilaksanakan di Banjar Dinas Linggawana, Desa Kertha Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem ini menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Dalam sambutannya Ny. Putri Koster menyampaikan bahwasannya Kabupaten Karangasem mempunyai potensi, baik alam maupun kekayaan alam berupa hasil perkebunan maupun pertanian.  Jika digarap dengan baik akan bisa menjadi sumber kesejahteraan bagi masyarakatnya. Banyaknya lahan kosong  yang belum digarap secara maksimal perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak sehingga lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya istri Gubernur Bali Wayan Koster  akrab disapa Bunda Putri ini menyontohkan bunga Padang Kasna yang tumbuh subur di kaki Gunung Agung di Desa Temukus, yang memilki potensi luar biasa untuk dikembangkan menjadi ikon Kota Karangasem dan dapat dikelola dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu ada juga ubi kayu ketela rambat serta hasil lainnya.

“Banyak potensi yang bisa kita kembangkan di Kabupaten Karangasem ini, kita semua perlu bekerja sama dan kreatif dalam mengolah sumber sumber potensial tersebut. PKK melalui UP2K bisa mengembangkan potensi yang ada ini, buat program unggulan yang disesuaikan dengan potensi yang ada di masing masing daerah, semua komponen bersinergi wujudkan kesejahteraan bersama“ ujarnya.

Di sisi lain, beliau juga memberi perhatian serius terhadap kualitas kesehatan lansia, ibu hamil serta balita. Menurutnya, keberadaan lansia di tengah masyarakat perlu mendapat perhatian dari semua sehingga tidak ada lansia yang hidupnya terlantar. Demikian pula halnya dengan balita dan ibu hamil. Pemenuhan kebutuhan gizi bagi balita dan ibu hamil sangatlah penting mengingat ibu hamil yang sehat akan dapat melahirkan bayi – bayi yang sehat pula. Bayi yang sehat nantinya akan tumbuh menjadi balita yang sehat, jauh dari kondisi stunting sehingga ke depannya mereka akan bisa menjadi generai muda harapan bangsa yang tangguh, sehat dan menjadi pemimpin masa depan.

“Mari kita rawat dengan baik para penglisir kita (lansia), kita penuhi gizi dari ibu hamil dan juga anak-anak balita. Kita bangun generasi yang tangguh, kuat dan sehat  dan bisa menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang, “ ajaknya.

Pada akhir sambutannya, Bunda Putri juga tak henti hentinya mengajak masyarakat untuk selalu patuh dan taat akan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Masyarakat diingatkan tidak abai akan protokol kesehatan serta imbauan pemerintah sehingga pandemi dapat diatasi bersama.

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem Ny. Nuriasih Gede Dana, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Bali Luh Putu Sukarini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, OPD terkait di lingkungan Pemprov Bali dan Pemkab Karangasem,  Camat Abang serta pengurus PKK Provinsi Bali dan Kabupaten Karangasem diserahkan sejumlah bantuan kepada para lansia, balita, ibu hamil, disabilitas serta kader PKK berupa bantuan kursi roda, paket susu bagi ibu hamil dan balita, beras, serta pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata gratis dari Rumah Sakit Mata Bali Mandara.

Kegiatan pada siang hari itu juga diisi dengan Pertunjukkan Kesenian Rakyat Bondres Sepit Puun (Denok) yang turut mensosialisasikan prokes pencegahan Covid-19 serta kebijakan pemerintah seperti pengurangan sampah plastik, pengolahan sampah berbasis sumber serta penggunaan bahasa Bali dan penggunaan kain tenun asli buatan para pengerajin Bali. (RK/LOKA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *