Ny Putri Koster Harapakan Para Pegiat Seni Dapat Sumbangkan Pikiran Untuk Pembangunan Bali

Badung,Lokadewata.com – Seniman multitalenta Ny Putri Suastini Koster membuka secara resmi acara seni ‘Pesta Puisi Bedah Kreasi Buku Gajah Mina’ bersama para seniman, dan dimeriahkan dengan kegiatan pembacaan puisi di Galeri Kopi, Kerobokan, Badung, Senin (29/3).

Acara yang digelar secara sederhana di halaman galeri ini, sangat kental dengan suasana keakraban. Momen ini diharapkan Ny Putri Koster bisa menjadi ajang bagi para pegiat seni untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah Provinsi Bali, terutama di bidang seni melalui sumbangan pemikiran-pemikiran, upaya dan tindakan-tindakan dalam memajukan seni atau kemajuan Bali secara umum.

“Ada pepatah mengatakan, hal-hal besar dimulai dari obrolan santai dan kekeluargaan yang menumbuhkan jiwa gotong royong untuk membangun. Semoga melalui pertemuan yang penuh keakraban ini, bisa terbangun pemikiran – pemikiran untuk Bali. Sumbangsih pembangunan melalui pemikiran dan cara sesuai versi yang dimiliki para seniman,” ujar pendamping orang nomor satu di Bali ini.

Selanjutnya, Ny Putri Koster menyampaikan apresiasi atas gelaran acara seni ‘Pesta Puisi Bedah Kreasi Buku Gajah Mina’. “Gelaran yang sangat luar biasa, sehingga bisa memahami satu sama lain. Seni sastra memahami seni rupa, begitu juga sebaliknya. Semoga tetap bisa memotivasi dan memantik semangat para seniman untuk tetap berkarya dan menampilkan karyanya, dengan tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes). Sehingga kita tetap bisa berkreasi, namun tetap sehat di tengah deraan pandemi Covid 19,” imbuhnya sembari menyampaikan upaya – upaya Pemprov Bali dalam menjaga eksistensi seni budaya Bali, di antaranya melalui gelaran Festival Seni Bali Jani (FSBJ), yang memiliki tujuan menyeimbangkan porsi seni tradisi dan seni non-tradisi.

Saat ini, menurutnya, juga sedang dirancang program Festival Buku, guna mendukung kreativitas para pelaku seni sastra. “Selain rancangan program Festival Buku, nanti Pemprov Bali juga akan memberikan penghargaan berupa awards bagi para penulis terbaik, saat ini masih dalam tahap penilaian. Semoga dengan ini semua, penulis Bali bisa menjadi tuan rumah di tanah kelahirannya sendiri,” kata Ny Putri Koster.

Pada kesempatan ini, penyelenggara kegiatan Hartanto dan Gede Hartawan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan Ny Putri Koster, seraya menjabarkan bahwa even tersebut selanjutnya menjadi ajang pendewasaan seni Bali, khususnya seni sastra dan seni rupa.

Tidak lupa, pada acara ini Ny Putri Koster didapuk untuk membacakan puisi dengan gaya khas yang menggetarkan. Selanjutnya bersama perupa lainnya, Ny Putri Koster juga berkesempatan menorehkan kuas di atas material kertas padi, sesuai dengan karakter lukisannya masing-masing. Menjelang penghujung acara, para seniman sastra satu persatu menampilkan kemampuannya membaca puisi dengan ekspresif dan penuh penghayatan.

Acara ini dihadiri pula oleh budayawan dan maestro seni dari Bali Prof Dr I Wayan Dibia, Jro Jengki, dan sejumlah seniman lainnya. Beberapa penikmat seni juga nampak hadir, namun tetap dengan berdisiplin menjalankan protokol kesehatan. (CF/HpB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *