oleh

CANDI DI BAWAH LAUT ? YUK INTIP KEINDAHAN CANDI BAWAH LAUT PEMUTERAN BALI

LOKADEWATA.COM – Taukah kamu kalau di Bali ada candi bawah laut ? . Yep  candi bawah laut, di Bali ternyata memiliki candi di bawah laut yang terletak di daerah Pemuteran, Singaraja, Bali. Banyak asumsi yang bermunculan, pertanyaannya dari manakah asal candi ini?

Ada yang bilang candi ini peninggalan jaman dulu, tapi semua itu terbantahkan. Ternyata semua ini adalah ulah dari perusahaan selam PT Sea Rovers.

Ini candi buatan. Candi bawah laut tersebut atau kita sebut saja terumbu karang buatan yang bernama Taman Pura ini sengaja dibuat agar para wisatawan tertarik untuk menyelam sekaligus bagian dari proyek konservasi terumbu karang di daerah Pemuteran. Benda-benda seni karya pengrajin lokal seperti patung dan gapura ditenggelamkan ke laut.

Candi Bawah Laut adalah Bagian dari Konservasi Karang Lestari

Taman Pura ini adalah bagian dari proyek konservasi terumbu karang bernama Karang Lestari yang dimulai pada bulan Juni tahun 2000 di daerah Pemuteran dengan menenggelamkan banyak jenis benda ke laut.

Banyak yang terlibat di sini. Mulai dari pemilik hotel, nelayan, perusahaan penyelaman, ilmuan, dan penggiat konservasi lingkungan. Tujuannya apa? Ya untuk melindungi dan merehabilitasi terumbu karang serta meningkatkan persediaan makanan ikan dong. Selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian nelayan dan menjadi obyek pariwisata.

Tembus Top 10 Underwater Sight!

Nah, dari keindahan Candi Bawah Laut ini ternyata masuk 10 besar kategori Top 10 Underwater Sight yang tercantum di dalam buku Lonely Planet: 1000 Ultimate Sight lo. Nyakcak!

Wajar sih, dilihat dari keunikan dan eksotisme keindahan Candi Bawah Laut ini seolah mirip banget kayak peninggalan arkeolog.

Kalau udah pernah ke sini, pasti udah merasakan dong gimana indahnya suasana di sini. Buat yang belum pernah, cobain deh melali ke sini. Tapi kalau masih ragu, kanggoin liat fotonya aja.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *