TUGAS BERAT SUDAH MENANTI MENPAREKRAF YANG BARU SAJA DILANTIK, YAITU MEMULIHKAN PARIWISATA KHUSUSNYA DI BALI

DENPASAR,LOKADEWATA.COM – Tugas berat Sandiaga Uno membangkitkan geliat pariwisata di tengah pandemi Covid-19. Menparekraf Sandiaga Uno diminta memberi perhatian khusus untuk Bali yang pariwisatanya sangat terdampak pandemi.

Politikus Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio, Rabu (23/12/2020). Sandi, sapaan akrab Sandiaga, pun mendapat tugas khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tak tanggung-tanggung, Presiden meminta Sandi mampu mempersiapkan lima destinasi wisata super prioritas dalam waktu yang sangat singkat, yaitu satu tahun.

“Arahan dari Bapak Presiden dan Wakil Presiden, saya ingin garisbawahi beberapa arahan. Pertama-tama kita harus cepat bergerak, saya dikasih waktu yang sangat singkat, satu tahun, untuk beliau bisa melihat kesiapan lima destinasi super prioritas,” kata Sandi dalam keterangan pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden RI, Rabu (23/12/2020).

Lima destinasi wisata super prioritas ini bukan hanya merujuk pada bentuk infrastrukturnya, tapi juga harus disertai berbagai detail dan konten yang mempromosikan kebudayaan Indonesia.

“Pak Presiden itu sangat detail, dia bilang tari-tarian, the best of the best, kostumnya, seni dan budayanya, talentanya, SDMnya, pelayanannya, dan lain sebagainya. Itu yang dia sampaikan pertama,” ujar Sandi, yang menggantikan Wishnutama Subandio sebagai Menparekraf.

Adapun lima Destinasi Super Prioritas yang dimaksud adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (DI Yogyakarta), Lombok-Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Manado-Likupang (Sulawesi Utara).

Presiden Jokowi juga menginstruksikan Sandi untuk mempersiapkan calendar of event. Terdiri atas event berskala kecil yang digelar mingguan, event berskala medium yang digelar tiap bulan, dan event berskala internasional yang digelar tahunan.

“Dari event yang skalanya ini kecil mingguan, tapi memang harus ada. Beliau berpesan juga event bulanan, skala medium, skala regional dan yang wow, oh my God, yang world class, skala dunia, itu every year. Jadi itu semua perlu kolaborasi,” kata Sandi.

Presiden menekankan agar fokus setahun ke depan dan kerja keras. Jokowi meminta Sandiaga untuk memastikan sektor pariwisata, yang banyak menyerap lapangan pekerjaan dan menggerakkan bangkitnya ekonomi bisa tertangani dan dikelola lebih baik.

Sementara Wakil Presiden Maruf Amin mengingatkan Sandi agar menjalankan protokol Covid-19 secara ketat dan disiplin. Di bawah kepemimpinan Sandi, Kemenparekraf diharapkan mampu meningatkan sektor ekonomi kreatif sebagai penghela ekonomi dan pencipta lapangan kerja.

Tujuan utamanya agar lebih dari 30 juta para pelaku bisnis dan tenaga kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa diperbantukan. “Beliau juga menitip pesan tentang pentingnya inovasi produk-produk seperti wisata halal, desa wisata, dan beberapa kegiatan yang menyentuh aspek ekonomi rakyat yang ada di akar rumput,” ucap Sandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *