oleh

INDONESIA SIAP SAMBUT MOTOGP 2021, PENGERJAAN SIRKUIT MANDALIKA DI PERCEPAT

DENPASAR,LOKADEWATA.COM – Pekerjaan konstruksi di Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia mengalami kemajuan yang luar biasa. Setelah Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal digunakan sebagai trek balap pengganti pada musim MotoGP sebelumnya, tidak kurang dari tiga trek balap masuk dalam daftar sebagai lokasi alternatif untuk 2021.

Portimao (Portugal), Sirkuit jalan Internasional Mandalika (Indonesia), dan Sirkuit Igora dekat St. Petersburg. Petersburg (Rusia) dapat turun tangan jika balapan MotoGP lain harus dibatalkan karena corona.

Pembangun Sirkuit Jalan Internasional Mandalika di pulau Lombok dekat Bali sudah mempresentasikan proyeknya pada GP Qatar 2018. Indonesia sebenarnya harus kembali masuk kalender paling cepat 2021 setelah mengoperasikan Sirkuit Sentul di dekat Jakarta pada 1996 dan 1997.

Namun, rencana awal balapan di palembang tidak terwujud dan pekerjaan konstruksi juga tertunda di Lombok. Sementara itu, Indonesia dapat menyelenggarakan Grand Prix pertama pada 2021 jika salah satu balapan luar negeri di Motegi, Buriram, Phillip Island, atau Sepang dibatalkan.

Pasalnya, saat ini Indonesia telah membuat kemajuan besar dengan pekerjaan konstruksi dengan trek balap non permanen (panjang 4,3 km, 14 tikungan). Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), perusahaan pariwisata terbesar di Indonesia (milik negara), berencana menjadi tuan World Superbike pada 2021.

“Mereka yang bertanggung jawab di Lombok meminta kami untuk menominasikan lintasan balap baru sebagai tempat cadangan GP untuk 2021,” kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta

Trek tersebut harus siap digunakan paling lambat akhir Juni 2021 agar bisa mendapatkan homologasi Grade A untuk Grand Prix pada 2021 tepat waktu. Pada penujung 2020, sirkuit yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pengerjaannya malah semakin dikebut.

Perkembangan pembangunan sirkuit Mandalika juga selalu di-update oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melalui media sosial Instagram @itdc_id. Dalam update terbarunya, ITDC memperlihatkan bagaimana perkembangan sirkuit Mandalika pada Kamis (17/12/200).

Dalam unggahan tersebut, pihak ITDC menuliskan bahwa pembangunan selalu dilakukan siang dan malam demi menyelesaikan sirkuit tersebut. Hal itu dilakukan bukan semata-mata demi mengejar jadwal yang sudah beredar, yakni ditargetkan rampung pertengahan 2021 mendatang. (DP/LD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *