oleh

BE AYAM KEREN, KULINER MEWAH KHAS BALI PARA RAJA BANGLI JAMAN DULU

LOKADEWATA.COM – Buat kamu yang pernah ke Bali pasti tau donk kuliner ayam betutu ? yep ayam betutu merupakan salah satu makanan yang terkenal di Bali. Eeitss, tauhkah kamu kalau ada makanan yang mirip bentuknya dengan ayam betutu, nihh kenalin Ayam Keren.

Ayam keren ini sudah ada sejak jaman kerjaan Bangli. Ayam Keren atau bisa dibilang Be Keren yang sekarang udah langka banget ditemukan di Bali. Kuliner ini pembuatannya serupa ayam betutu, di mana ayam dimasak dengan cara yang khas yaitu dibakar dengan menggunakan sekam dan sabut kelapa selama 8 jam.

Berdasarkan berbagai sumber, Ayam yang digunakan untuk Be Keren ini adalah ayam merah dan dibumbui “Basa Gede” atau “Basa Genep”. Aroma bumbu tersimpan rapi karena dibungkus dengan pelepah pinang, sehingga waktu dibuka aromanya dapat membuat perut langsung lapar. Untuk rasa hampir mirip dengan Betutu Gianyar, cuman aroma pelepah pinang memberi tambahan sensasi yang berbeda.

Walaupun kuliner Ayam Keren jadul banget, tetep bisa kamu jumpai di Bangli. Warung makan Ayam Keren ini bisa kamu cari di tempat asalnya dilahirkan, yaitu daerah Bangli. Cukup dengan waktu 1,5 jam udah bisa sampe ke warung ini, kalo kamu jalan dari Kota Denpasar.

Lokasi warung ini tepatnya berada di Jalan Serma Meranggi, No.3, Kawan, Kecamatan Bangli, Bali. Biasanya sih makanan ini dapat kamu temui saat ada Hari raya atau upacara keagamaan disana, tapi sekarang kamu udah bisa memesan makanan ini cukup dengan Rp. 85.000,- aja.

Pastinya akan dapat pengalaman baru menjajal kuliner klasik asal Bangli yanghampir punah ini. Maklum akibat cara bikinnya yang ribet dan lama, agak ogah yang mau dijaman sekarang. Namun, namanya warisan leluhur ini harus kita tetap lestarikan dan bangga punya berbagai macam peninggalan dari para leluhur yang unik dan menarik.(CF/LD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *