oleh

BANTU ORANG TUA, PENGUSAHA MUDA BUKA SALON NAIL DIMASA PANDEMI

DENPASAR,LOKADEWATA.COM – Pada saat ini, teknologi semakin maju. Banyak perusahaan mulai bermunculan, salah satu nya Ica. Ica ini merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negri yang ada di kota denpasar. Usaha yang di buat oleh Ica adalah Salon nail.

Usaha ini di rintis sejak 3 Desember 2018, dimana salon tersebut membuka jasa perawatan kuku, mengecat kuku menggunakan nail gel, dan juga menawarkan nail tip yaitu perawatan bagi kukunya pendek ingin panjang secara instan.

Ica menjelaskan latar belakang dirinya untuk membuka usaha ini sebenarnya ingin menambah uang jajan dan mengisi waktu luang kuliah . Ica pun berceritera tentang kisah awal dari perintisah usaha tersebut. “Kisah awal salon kuku ini, hanya bermodal 200rb saja, lokasi masih di ruang tamu menggunakan meja belajar dan beralas karpet dan awalnya masih lesehan belum punya modal beli kursi dan saya tidak kursus hanya otodidak belajar dari youtube,” imbuhnya.

Pada awalnya, Ica dalam waktu sehari hanya mendapatkan 1-2 customer. Akan tapi itu tidak membuat Ica patah semangat untuk terus belajar di bidang nails dan membeli perlengkapan lebih lengkap di bidang nails, mulai dari menambah jumlah kutek, meja dan kursi. Hingga suatu saat Ica merasa kualahan karna customer makin hari makin bertambah akhirnya Ica mencari pegawai untuk membantu mengembangkan usahanya. Berawal dari 1 pegawai, hingga saat ini pegawai Ica memiliki 5 orang pegawai tetap.

Terkait dampak pandemi terhadap usahanya, Ica mengatakan boleh dibilang besar karna jumlah customer menurun hingga 80-85% yang dulunya pada kondisi normal biasanya menerima 50- maks 100 customer / hari nya. Pada saat pandemi saya hanya menerima 5- maks 15 customer/ harinya. Akan tetapi Ica tetap bersyukur karena di masa pandemi seperti saat ini usahanya bisa membantu perekonomian keluarganya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *