oleh

WISATA AIR TERJUN PENGIBUL, AIR TERJUN BERTINGKAT DI BANGLI

DENPASAR,LOKADEWATA.COM – Di Bali memiliki berbagai destinasi wisata salah satu wisata air terjun Pengibul di kabupaten Bangli. Wisata air terjun yang terletak di Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, lokasi Air Terjun Pengibul tak semata hanya sebagai lokasi wisata namun juga merupakan lokasi upacara keagamaan. Upacara Melasti ataupun persembahyangan umat Hindu kerap dilakukan di sini. Air terjun Pengibul ini menjadi primadona dan banyak di kunjungi wisatawan pencinta alam.

Keunikan dari Air Terjun Pengibul adalah air terjun ini bertingkat. Air terjun pada tingkat atas memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Untuk dapat naik ke atas, Anda dapat melewati bebatuan yang berada di sekitaran air terjun. Namun harus hati-hati karena licin dan tidak ada akses jalan lainnya.

Air terjun yang berada di atas, kucuran airnya membentuk sebuah kolam air yang bisa digunakan untuk berendam ataupun berenang. Luapan kolam ini juga mengalir ke air terjun dibawahnya yang jaraknya sangat dekat dengan air terjun teratas. Sehingga tercipta 2 air terjun yang kesannya bertingkat dan unik.

Aliran air di Air Terjun Pengibul ini tidak begitu besar. Bahkan untuk menuju ke pusat air terjun, harus melewati aliran sungai di bawahnya. Karena tidak begitu dalam, Anda bisa dengan leluasa menyeberang sungai atau dengan sedikit meloncat melewati bebatuan jika tidak ingin basah kena air sungai.

Sungai yang dialiri air dari wisata air terjun alami ini bernama Tukad Yeh Empel. Sehingga ada juga yang menyebutkan Air Terjun Pengibul sebagai Air Terjun Yeh Empel.

Wisata air terjun ini masih sangat alami, dengan banyaknya pepohonan hijau. Segar dan sejuknya udara menjadikan betah berlama-lama untuk bermain air. Banyak pengunjung yang berfoto-foto untuk mengabadikan momen di tempat wisata ini. Banyak juga yang berendam ataupun berenang di segarnya air dari guyuran air terjun. Namun, jangan lupa untuk membawa baju ganti kalau Anda berniat untuk berenang serta merasakan kesegaran guyuran air di tempat isata alam ini

Namanya yang belum populer di kalangan wisatawan, menjadikan belum terdapat fasilitas pariwisata yang memadai. Bahkan jalan untuk menuju lokasi masih berupa undakan dari tanah. Sehingga wisatawan yang datang harus ekstra hati-hati ketika berjalan di tanah karena licin.

Ketika hujan datang, kawasan wisata ini harus ditutup sementara karena sangat berbahaya. Mengingat jalan yang dilalui masih berupa tanah yang sangat licin ketika hujan tiba. Namun demikian, wisata Air Terjun Pengibul dapat dijadikan referensi objek wisata menarik yang bisa dikunjungi ketika sedang di Bali.(CF/LD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *