JELAJAH BAWAH LAUT, SANUR MENARI MENJADI DESTINASI BARU

DENPASAR,LOKADEWATA.COM – Kini pantai Mertasari memiliki destinasi baru yakni adanya keindahan patung-patung dan coral yang ada di bawah laut.

Ketua Yayasan Lautan Kebun Koral Sanur, I Nyoman Sepadyana Putra mengatakan pihaknya tengah mengerjakan program Indonesia Coral Reef Garden. Proyek ini dilaksanakan oleh semua masyarakat. Masyarakat terlibat dalam pembuatan patung-patung baik yang dipoles cor sehingga bisa tampil lebih baik. Selain patung, ada juga meja maupun tempat singgah ikan yang dicor.

“Sekarang sudah hampir sekitar 15-an kita kerjakan, sudah bisa mempunyai 20 sampai 30 tukang las, mereka memiliki keahlian baru setelah belajar di sini dengan yang lain,” katanya ditemui Minggu (29/11/2020)

Para pekerja pariwasata yang kini terdampak pandemi Covid-19 sehingga tidak bisa bekerja kemudian diajak dalam proyek ini. Mereka merasa terbantu karena banyak tempat usaha mereka yang tutup kini mereka bisa dipekerjakan. Selain itu, pihaknya juga seniman yang difungsikan sebagai supervisi yang tujuannya untuk menularkan ilmunya kepada masyarakat yang belum bisa.

Kini, hampir sebagian besar masyarakat yang mengerjakannya mengerjakan baik untuk pengerjaan menghaluskan, mengecor patung maupun membuat cetakan-cetakan baru. Saat ini, pihaknya melibatkan pekerja sekira 2.200 semuanya masyarakat masyarakat di Sanur dan sekitarnya.

Mengingat saat ini masa pandemi Covid-19, sehingga menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak sehingga waktu kerja dibagi dalam beberapa shift yang setiap shiftnya antara 300 sampai 500 orang yang bekerja. Dalam proyek ini, ditargetkan untuk patung sebanyak 471 buah, sisanya dibuat rumah ikan maupun meja makan yang ditransplantasi terumbu karang dan rumah batako ada sekitar 4.500 bauh.

“Semua itu bertujuan untuk membangun ekosistem laut yang ada di Pantai Mertasari,” imbuhnya.

Selain itu, target dari program ini adalah peningatan kapasitas SDM yang mampu mempunyai keahlian baru sehingga tidak berpatokan pada satu elemen dalam skema pariwisata. Kedua, ada misi kesenian baru di mana ada destinasi baru yang berada di bawah laut sehingga para penyelam nantinya  akan bisa menikmati keindahan patung di bawah laut.

“Kami berikan judul yaitu Sanur Menari dan Good Morning Sanur karena terkenal dengan pantainya,” imbuhnya.

Pengunjung atau para penyelam akan melihat di 12 blok di mana ada spot-spot diving dan snorkeling yang cukup indah. Diharapkan, nelayan warga lokal Sanur dan seluruh Bali bisa menikmati destinasi baru itu di kedalaman 23 meter. Ada juga di kawasan ini, bagi wisatawan yang akan menikmati keindahan pemandangan coral bawah laut pada kedalaman 8 sampai maksimal 12 meter.

“Kami melaksanakan simulasi dengan menggunakan patokan, diturunkan di bawah laut tujuannya ada patung untuk menambah destinasi kedua menambah tempat penempelan coral,” imbuhnya. (CF/LD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *