YUK INTIP, 4 MAKANAN KHAS BALI YANG TERKENAL KELEZATANNYA

DENPASAR,LOKADEWATA.COM – Tidak hanya terkenal akan destinasi wisata eksotisnya, tetapi di pulau Dewata Bali juga menyimpan macam makanan yang terkenal akan kelezatan dan khasnya. Salah satu menu makanan khas Bali yang enak dan terpopuler yaitu babi guling dan bebek betutu, dua menu makanan ini sangat disenangi oleh masyarakat di sana. Tidak hanya dua jenis makanan tersebut.

Masih ada makanan khas Bali lainnya yang bisa Anda cicipi diantaranya :

1. Babi Guling

Babi guling menjadi salah satu makanan khas Bali non halal yang paling banyak dicari wisatawan saat berkujung ke Bali. Babi Guling Bali dibuat dengan bahan dasar daging babi utuh yang bagian perutnya diisi berbagai macam bumbu dasar seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, cabai dan rempah lain yang menambah cita rasa. Babi guling Bali sangat khas karena rasa dagingnya empuk dan bagian kulit hasil panggangan terasa garing.

2. Bebek Betutu


Makanan khas Bali yang satu ini menggunakan daging bebek sebagai bahan utama. Biasanya, kuliner ini sering menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Bumbu yang digunakan dalam memasak Bebek Betutu di antaranya bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe serta bumbu berbagai bumbu lain. Bebek Betutu memiliki rasa yang enak serta empuk karena penggunaan rempah yang kuat. Keunikan dari bebek betutu adalah proses memasaknya yang memakan waktu hingga 7 jam. Ini membuat daging bebek benar-benar empuk dan bumbunya meresap sempurna.

3. Sate Lilit


Sate lilit merupakan makanan khas Bali yang cukup unik. Jika biasanya Anda menemui sate dengan daging yang ditusuk pada batang bambu, sate ini dililitkan pada tusuk yang pipih. Bahan utama sate lilit biasanya menggunakan daging ikan tengiri dan daging ayam. Bumbu-bumbu yang digunakan pada sate lilit di antaranya jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah dan berbagai bumbu lain. Daging untuk sate biasanya di giling sampai halus dan kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu seperti di atas. Setelah dililitkan pada batang bambu, sate kemudian dibakar hingga matang. Sate lilit enak dihidangkan dengan nasi atau lontong.

4. Lawar


Lawar adalah makanan khas Bali berupa campuran daging cincang dan sayuran yang diberi bumbu khusus. Bumbu-bumbu yang digunakan di antaranya cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Lawar menjadi khas karena ada campuran kelapa parut. (CF/LD).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *