IBADAH PUASA BERLANGSUNG DI TENGAH PANDEMI COVID-19, GUBERNUR KOSTER HIMBAU AGAR MASYARAKAT TETAP MELAKUKAN SOCIAL DICTENCING


DENPASAR, LOKADEWATA.COM 
—Memasuki bulan Ramadhan 1441 Hijriah, Gubernur Bali Wayan Koster bersama pimpinan mejelis lintas agama menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat Muslim di manapun berada. Hal tersebut disampaikannya secara khusus melalui video conference yang disiarkan melalui stasiun televisi dan radio, Jumat (24/4/20) tepatnya pada pukul 17.00 Wita dari Kediaman Resmi Gubernur Jayasabha. 

Dalam kesempatan ini Gubernur Koster mengajak seluruh umat Muslim khususnya dan masyarakat Bali umumnya untuk bersama-sama menyambut kedatangan bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan mulia ini, walaupun di tengah pandemi COVID-19. “Mari kita jadikan Bulan Suci ini sebagai upaya meningkatkan  kualitas diri secara rohaniah sebagai wujud pelaksanaan nilai-nilai keagamaan sebagaimana diajarkan dalam Kitab Suci Alqur’an,” ujarnya.  

Tak lupa, Gunernur Koster juga senantiasa mengajak umat Muslim melaksanakan ibadah puasa pada Bulan Ramadhan dengan penuh ketulusan dan kebaikan yang ada di dalam diri masing-masing guna meningkatkan ketaqwaan dan keimanan di jalan yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga ibadah puasa berjalan dengan penuh berkah hingga tibanya hari kemenangan yaitu Idul Fitri.

Untuk itu Gubernur Provinsi Bali, Wayan Koster berharap, melalui ibadah puasa ini  hendaknya dijadikan sebagai momentum bagi umat Muslim dalam meningkatkan kualitas kerohanian dan spiritualitas guna mengembangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seperti yang telah diketahui bersama saat ini ibadah puasa berlangsung di tengah pandemi  COVID-19. Untuk itu Gubernur Koster mengingatkan agar umat Muslim tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus yang menyerang saluran pernafasan ini.  “Tetap tertib dan disiplin bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah, serta membatasi aktivitas dan interaksi dengan banyak orang,” ajaknya. 

Umat yang tengah melaksanakan ibadah puasa juga diingatkan tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan berkualitas pada saat sahur dan berbuka puasa, sehingga memiliki kekebalan (imun) tubuh dalam menghadapi pandemi COVID-19. Sehingga dapat mencegah dan meminimalisir penyebaran pandemi ini dengan mudah.

Tak hanya itu, Gubernur Wayan Koster juga meminta kepada umat yang beragama lain agar menunjukkan toleransi yang tinggi dengan menghormati dan menghargai saudara-saudara umat Muslim selama menjalankan ibadah puasa.

“Kita hormati mereka sebagai sesama sameton Bali sehingga terwujud suasana kehidupan harmonis. Dengan memaknai momentum bulan puasa, seluruh umat Muslim bersama umat beragama lainnya di Bali akan memiliki kekuatan solidaritas, kohesi sosial, paras paros, sagilik saguluk, menyama braya,  bergotong- royong untuk selalu bersama-sama nindihin gumi Bali,” tegasnya.(PT/LOKA) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *