oleh

Kodim Badung Bersama Subak Sempidi Laksanakan Tanam Demplot Jagung

MANGUPURA BALI, LOKADEWATA.COM – Dalam rangka keikutsertaan pada lomba penanaman Demplot (demontration plot) jagung bagi seluruh Kodim di wilayah Kodam IX/Udayana, Kodim 1611/Badung melaksanakan penanaman lahan Demplot Jagung di Subak Sempidi, Badung, Minggu (28/07).

Dandim 1611/Badung Letkol Inf Handoko Yudho Wibowo, S.E., yang langsung hadir dalam penanaman tersebut, mengatakan, kegiatan ini tidak saja dalam rangka berpartisipasi dalam lomba tersebut, tetapi juga sebagai tindak lanjut untuk mendukung dan menjaga program ketahanan pangan dengan menanam palawija terutama jagung.

Lebih lanjut dikatakan Dandim, lomba penanaman Demplot ini diselenggarakan oleh Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan PT. Talitha Group.

Subak Sempidi sendiri memiliki luas lahan sekitar 104 hektare di mana terdiri dari 9 Munduk yang salah satunya adalah Munduk Karang Suwung yang memiliki luas lahan sekitar10 hektare.

Kalau dilihat dari musimnya hampir di seluruh Subak Sempidi seharusnya menanam padi namun berbeda dengan di Munduk Karang Suwung dikarenakan terdapat kendala masalah air makanya ditanami tanaman jenis palawija seperti jagung.

Kondisi ini mendorong Kodim 1611/Badung bersama Subak Sempidi utamanya di lahan Munduk Karang Suwung melaksanakan penanaman Demplot Jagung di lahan seluas 51 Are. “Lahan seluas 51 Are tersebut tersebar “, ujar Si Nyoman Parwata selaku Pekaseh Subak Sempidi”

Di sisi lain selaku Petugas Penyuluh Lapangan Subak Sempidi Nyoman Sunadia mengatakan pada saat ini di Subak Sempidi bukanlah musim tanam palawija melainkan musim tanam padi namun dikarenakan di Munduk Karang Suwung ini mendapatkan kendala masalah air maka ditanami palawija jenis jagung.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Badung, Ketut Sudarsana menyampaikan sangat berterima kasih kepada Dandim 1611/Badung dan anggota di mana telah terlibat langsung untuk melaksanakan penanaman Demplot jagung di lahan Munduk Karang Suwung di mana kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk ketahanan pangan di Kabupaten Badung.

Dirinya juga mengharapkan dalam empat bulan ke depan pada waktu panen mendapatkan hasil yang baik. (LE/LOKA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *