oleh

Militan Taliban Warga Amerika Dalam Tahanan AS

AFGANISTAN, LOKADEWATA.COM – Seorang Amerika yang berjuang dengan Taliban ditangkap oleh militer AS di Afganistan setelah ditemukan di antara pasukan Taliban dan pejuang al-Qaida yang ditangkap.

Di Islamabad, Pakistan, juru bicara koalisi yang dipimpin AS mengatakan, pria itu mengidentifikasi dirinya sebagai John Walker.

“Dia mewakili dirinya sendiri sebagai warga negara Amerika. Kami sedang memeriksanya,” kata juru bicara Keith Kenton.

Juru bicara Pentagon, Letnan Kolonel Jim Cassella, mengatakan di Washington bahwa pria itu terluka dan diberi bantuan medis oleh pasukan AS.

Orang itu berada di antara kelompok sekitar 80 pejuang Taliban
yang bersembunyi selama enam hari di lantai dasar benteng Qalai Janghi.

Mereka bersembunyi dari tentara aliansi utara yang telah menumpas kerusuhan oleh para tahanan Taliban di benteng.

Pemberontakan yang dimulai 25 November, dipadamkan setelah tiga hari pertempuran berdarah. Mereka keluar dari ruang bawah tanah hari Sabtu, setelah pejuang aliansi utara memaksa mereka keluar.

Dalam wawancara yang dimuat di situs Web majalah Newsweek kemarin malam, orang tuanya mengenalinya dari foto sebagai John Philip Walker Lindh, 20 tahun, dari Fairfax, California.

CNN melaporkan, Walker seorang mualaf, telah menderita luka karena granat dan tembakan. Newsweek mengatakan, Walker telah mengidentifikasi dirinya sebagai Abdul Hamid. (GA/LD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *